Senin, 28 Januari 2019

Y O G Y A K A R T A [Penyewaan Sepeda Motor Mahasiswa]


Ide sewa motor ini saya dapat dari teman saya yang kuliah di Jogja sekaligus pemilik rumah yang saya tempati selama di Jogja, Nizar. Awalnya kami merencanakan perjalanan menggunakan grab atau go jek, tetapi jarak yang terpisah lebar antara satu wisata ke wisata yang lain mengakibatkan mahalnya tarif. Akhirnya kami disarankan Nizar untuk menyewa motor daripada uang kami habis hanya untuk akomodasi. Menurut informasi yang saya dapatkan dari Nizar, sewa motor selama 12 jam dikenai tarif Rp25.000,00. Di kawasan Jogja lumayan banyak penyewaan motor, khusunya penyewaan motor mahasiwa. Jadi siapkan KTP dan KTM (Kartu Tanda Mahasiwa) jika ingin menyewa motor.

Pagi sekitar pukul 8, berbekal google kami mencari tempat penyewaan yang paling dekat tanpa memperdulikan review pengguna google lain. Ujung dari perbuatan kami adalah, kami merasa tertipu oleh google wkwk. Jadi sebenarnya ada tempat penyewaan yang oke banget menurut rating google, tapi jaraknya 3km (jauh menurut kami, soalnya kami malas hahaha). Akhirnya kami memilih yang paling dekat sekitar 700m, dan berangkatlah saya dan Bella menggunakan motor Nizar yang ujung-ujungnya bingung ketika google maps  menyatakan kami selesai atau sampai tujuan tapi disekitar kami tidak ada tanda-tanda penyewaan motor. Berbekal kekesalan kami yang disasarkan google, jadilah kami hanya mengandalkan mulut kami untuk bertanya pada warga sekitar. Warga Jogja ramah dan baik, jadi kecil kemunkinan untuk ditipu atau semacamnya. Toh sepertinya tidak ada untungnya menipu kami hehe. Berbekal  arahan dari warga akhirnya saya mendapatkan tempat penyewaan motor mahasiswa seharga Rp30.000,00/12 jam dan Rp60.000,00/hari, tidak ada potongan harga untuk menyewa sehari. Saya ditanya mahasiswa universitas mana dan dijogja sedang apa. Lalu Bapak yang memiliki penyewaan juga menerangkan beberapa persyaratan penyewaan seperti yang saya tulis diatas. Karena harga berubah dari perkiraan, maka saya harus berunding dengan teman-teman terlebih dahulu, jadilah saya meminta nomor telepon si bapak untuk mengabari apabila saya jadi menyewa motor, agar si bapak juga bisa menyiapkan motor sebelum kami ambil. Setelah semua sepakat kami akhirnya kami menyewa 3 motor. Harusnya kami juga meminjam 5 helm, tapi saya awalnya lupa tanya dan bilang. Ternyata hanya ada 2 helm, jadilah kami meminjam helm 1 lagi di Nizar dan yang dibonceng tidak mengenakan helm selama perjalanan. Sebelum berangkat, kami diarahkan bapak pemilik penyewaan motor untuk mengecek STNK yang berada di jog motor dan bensin berada dibatas garis 3, ketika kembali harus sama seperti semula. Ketika mengambil motor, jam inilah yang tertulis pada kwitansi dan nantinya menjadi patokan kami untuk mengembalikan.

Sebelum berangkat kami harus mengisi bensin dan mengecek angin ban motor kami di SPBU terdekat. Kami mengisi masing-masing motor Rp10.000,00. Dan alhamdulillahnya itu cukup sampai pulang. Setelah kami selesai jalan-jalan, garis bensin kembali seperti semula yang artinya kami tidak perlu untuk mengisinya lagi.

Menurut informasi dari teman saya dan pengalaman kami memang di Bantul tidak terlalu ketat aturan lalu lintasnya. Kami sewaktu perjalanan juga sempat beriringan dengan polisi, dan senam jantung. Lalu  kami juga melihat disekeliling ternyata tidak hanya kami yang menggonceng tanpa helm, ada juga warga sekitar yang seperti itu. Tindakan kami salah, kami sadar. Jadi penting untuk memastikan di penyewaan motor memiliki helm yang cukup atau tidak, ok!

0 komentar:

Posting Komentar

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html

Copyright © Moccamoc | Powered by Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com | BTheme.net      Up ↑